Cara mengatasi bootloop Asus Zenfone 2 dengan flashing via Adb sideload

Ini dia artikel tentang cara mengatasi bootloop Asus Zenfone 2 dengan flashing via Adb sideload. Asus Zenfone 2 anda mengalami masalah bootloop yaitu pada saat di nyalakan hanya berhenti logo Asus saja dan tidak bisa masuk ke menu home, sudah anda lakukan hard reset di mode recovery masih juga mengalami masalah demikian, Untuk mengatasi permasalah tersebut anda harus melakukan flash ulang Asus Zenfone 2 lewat Adb sideload.

Sebelum saya membahas tentang cara flash ulang Asus Zenfone 2 saya ingin membahas sedikit tentang apa itu adb sideload ? Adb sideload adalah sebuah fitur terbaru yang di untuk malakukun flash ulang sebuah smartphone yang proses penginstalan nya dilakukan dengan sebuah fimware berformat zip dan menggunakan suatu perintah dari pc/komputer anda, Setelah selesai melakukan flash pastinya smartphone anda akan kembali normal seperti petama kali membeli dari pabrik.
Untuk melakukan flash Asus Zenfone 2 anda harus menyiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu Adb sideload/Adb fastboot, Intel USB driver for Android dan juga sebuah fimware yang harus sesuai dengan tipe Asus Zenfone milik anda. bahan-bahan tersebut sudah ada di bawah ini yang dapat anda download secara gratis. Silahkan anda simak langkah-langkah flash Asus Zenfone 2 di bawah ini.

Langkah awal, Siapkan bahan-bahan flashing Asus Zeonfone 2 :
Download Intel USB Driver for Android
Download Adb Fastboot

Fimware Asus Zenfone 2,  pilih sesuai dengan tipe Asus Zenfone anda
 - Download Fimware Asus Zenfone 2 ZE550ML
 - Download Fimware Asus Zenfone 2 ZE551ML
 - Download Fimware Asus Zenfone 2 ZE500CL

Langkah akhir, Proses flasing Asus Zenfone 2 :
  • Ekstrak Intel USB Driver dan Adb Fastboot
  • Selanjutnya  install Intel USB Driver di PC/laptop
  • Pindahkan fimware Asus Zenfone 2 yang telah anda download ke folder hasil ekstrak Adb fastboot
  • Matikan Asus Zenfone 2 (Untuk memastikan Asus Zenfone 2 dalam keadaan mati, diamkan beberapa detik)
  • Kemudian masuk ke Mode recovery dengan menekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan sampai menuju ke menu fastboot mode
  • Sekarang di menu fastboot pilih Recovery dengan cara tekan Volume Down untuk turun dan Tombol Power untuk konfirmasi
  • Setelah masuk ke mode Recovery, pilih Appy update from adb
  • Selanjutnya hubungkan Asus Zenfone 2 ke pc menggunkan Kabel USB
  • Sekarang buka folder Adb Fastboot jalankan Command Prompt dengan cara menekan tombol Shift pada keyboard lalu klik kanan pilih Open command windows here seperti gambar di bawah ini
  • Setelah Command Prompt terbuka ketik adb sideload [nama fimware].zip misal adb sideload UL-Z008-WW-2.20.40.130-user.zip kemudian tekan enter dan proses flashing akan berjalan secara otomatis tunggu sampai selesai
  • Apabila Proses flashing Asus Zenfone 2 sudah selesai akan keluar tulisan adb sideload completed
  • Sekarang Lepaskan Asus Zenfone 2 dari pc
  • Selanjutnya di mode Recovery pilih reboot system now untuk melakukan booting (ingat booting pertama emang agak lama)

Sekarang anda telah berhasil melakukan flashing Asus Zenfone 2 via Adb sideload, semoga artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah pada Asus Zenfone 2 anda, jika ada yang kurang mengerti silahkan bertanya di komentar dan saya hanya bisa membantu lewat komentar.

5 Responses to "Cara mengatasi bootloop Asus Zenfone 2 dengan flashing via Adb sideload"

  1. mau nanya bro kalo di menu cmd pada saat masukan adb sideload muncul keterangan 'adb' is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. ane kok selalu hang ya di adb devices lancar pas setelah enter adb sideload update.zip enter hang laptop ane gmn ya caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum melakukan flash, agan tutup dulu semua aplikasi PC yang tidak dibutuhkan

      Delete
    2. Sudah gan tapi masih saja hang.. Gan kalau di flash apakah yg sebelumnya pernah root trus unroot dan di flash ulang akan terlihat saat ingin menggaransikan kalau pernah di root?

      Delete